Peran Word of Mouth dan Inluencer dalam KOL (Key Opinion Leader) pada E-Commerce Tiktok Shop terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z (Studi Kasus Mahasiswa di Universitas Yapis Papua)
Keywords:
Word of Mouth, Influencer, KOL (Key Opinion Leader), Generasi Z, Keputusan PembelianAbstract
Perkembangan dunia digitalisasi yang cukup pesat telah mempengaruhi berbagai kehidupan bermasyarakat. Sosial media menjadi salah satu aspek yang menunjang aktivitas manusia di segala sektor. Tiktok termasuk salah satu platform digital content yang banyak digemari oleh masyarakat umum, terlebih lagi kaum generasi z. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran word of mouth dan influencer dalam key opinion leader (KOL) terhadap keputusan pembelian generasi Z pada e-Commerce Tiktok Shop studi kasus mahasiswa Universitas Yapis Papua. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penggunaan teknik analisis data statistik inferensial parametrik. Data berupa kuesioner dikumpulkan melalui link google form di media sosial Whatsapp dengan populasi sebanyak 136 mahasiswa dan didapatkan sampel 68 mahasiswa Prodi Manajemen dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Influencer dalam Key Opinion Leader (KOL) yang digunakan merupakan bagian dari aktifitas program public relations perusahaan yang dijalin secara kerjasama yang saling menguntungkan. Adapun pemilihan key opinion leader dalam mempromosikan produk pada platform Tiktok yaitu utamanya yang mampu mempersuasi secara verbal dan non verbal audiens.